Rabu, 28 Maret 2012

switch

Switch adalah perangkat/komponen jaringan yang berperan sebagai jembatan untuk perangkat-perangkat jaringan sehingga masing-masing perangkat dapat terhubung satu dengan yang lain (menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya). Switch memiliki sejumlah port ethernet untuk menghubungkan dirinya dengan perangkat-perangkat lain di jaringan.

Switch terbagi dalam 2 tipe utama: switch layer-2 dan layer-3. Switch layer-2 beroperasi pada layer data-link model OSI dan berdasarkan teknologi bridging (melakukan fungsi sebagai bridge antara segmen-segmen jaringan LAN, karena mereka meneruskan frame Ethernet berdasarkan alamat tujuannya tanpa mengetahui protokol jaringan apa yang digunakan). Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan pada alamat MAC (alamat fisik).

Layer 3 switch atau Multilayer Switch adalah switch yang bekerja pada layer 2 dan juga bekerja pada layer 3 yang mempunyai fungsi routing. switching layer 3 bekerja dengan menganalisis informasi packet dan meneruskannya berdasar pada alamat IP. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch-switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda di dalam suatu internetwork.

jenis-jenis switch jaringan komputer
Switch unmanaged adalah pilihan termurah dan biasanya digunakan di kantor atau bisnis kecil. Switch Jaringan Komputer ini melakukan fungsi dasar mengelola aliran data antara printer bersama dan beberapa komputer. Mereka dapat menjadi model desktop atau rak mount. Tipe ini cukup praktis karena kita tidak perlu melakukan konfigurasi untuk penggunaannya. cukup hubungkan / colok kabel LAN ke switch, maka komputer akan langsung terhubung ke jaringan.

Jika kita memiliki jaringan yang cukup besar, kita bisa menggunakan managed switch. managed switch memiliki pilihan setting Admin di mana kita bisa membuat Virtual LAN (VLAN), menyetting kecepatan port, host, dan pilihan lainnya. Biasanya penggunaannya akan membutuhkan Web Browser atau command line dengan interface seperti tellnet atau shell untuk pengaksesan pengaturan switch.
 
Sebuah smart switch adalah campuran fitur switch unmanaged dan managed. Fungsinya hampir sama seperti managed switch tetapi menawarkan penggunaan yang lebih mudah meskipun tidak memiliki fitur sebanyak managed switch.
 
Sebuah managed companies switch memiliki berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan untuk memungkinkan digunakan dalam perusahaan atau organisasi besar. Jenis Switch Jaringan Komputer ini biasanya dikelola oleh spesialis jaringan dan terus-menerus dipantau karena ukuran dan kompleksitas jaringan.
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar